Bangazen.com – Sebenarnya gimana sih cara kerjanya AMP (Accelerated Mobile Pages) yang mer-render halaman website yang memakai HTML sudah di optimasi?. Kita sebagai empunya halaman website pasti berharap banget  sama loading yang cepat karena tag dari kode HTML yang dianggap bikin lemot loading website udah dihilangkan tapi untuk javascript kemungkinan gak bakalan dirender di website AMP.

Tapi apa sih yang perlu diperhatikan oleh kita supaya fitur AMP pada website ini bisa berjalan sesuai keinginan kita untuk mempercepat loading website. CSS dan Javascript adalah dua hal yang penting banget untuk bisa memperlancar penggunaan AMP, khususnya kita harus menyesuaikan CSS & Javascript tersebut khusus untuk AMP bisa dibilang compatible, lalu AMP juga perlu kita validasi dengan benar supaya bisa menunjukkan kecepatan loading website.

Memang banyak pantangannya sih menggunakan AMP untuk website tapi timbal baliknya  juga sangat menguntungkan terlebih lagi GOOGLE juga suka loh dengan website yang menggunakan AMP ini. Contohnya kita perlu plugin khusus yang compatible dengan AMP agar bisa memutar atau memasukkan video diwebsite, lalu fonts custom pada website pun loadingnya sangat dikhususkan jadi lebih baik untuk fonts pakai yang khusus AMP ya. Dan satu hal lagi yang paling penting adalah gambar pada website AMP itu diharuskan sesuai dimensinya agar ketika loading gak aneh-aneh gambarnya hehe.

Oh iya, kalo kita menginginkan kecepatan loading website lebih baik jangan menggunkan plugin share social media karena kebanyakkan plugin tersebut akan membuat loading AMP tidak akan bekerja dengan seharusnya, karena biasanya plugin-plugin tersebut masih menggunakan javascript di dalam pengembangannya dan sangat jarang juga yang compatible atau mendukung website AMP.

Keuntungan AMP untuk Website

Seperti yang disinggung tadi diatas kalo website yang menggunakan AMP itu disukai oleh GOOGLE. Karena selain membuat loading website cepat, AMP yang notabenenya khusus untuk pengguna mobile/handphone yang mengakses suatu website lebih cepat loadingnya. Dan hal ini sangat berpengaruh dengan SERP (Search Engine Result Page) jadi website yang loading cepat menggunakan AMP akan ditampilkan khusus diawal oleh GOOGLE dalam mesin pencariannya. Belum lagi yang kebanyakkan menggunakan fitur AMP ini ialah website-website berita yang tujuannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX/User Experience).

Nah terus gimana kita bisa melihat website-website yang menggunakan AMP ? yaitu ketika kita sedang searching sesuatu pasti akan melihat icon kecil seperti tanda petir, jadi website tersebut sudah melakukan optimasi dengan AMP dan hal ini walaupun internet si visitor lambat tetap bisa mengaksesnya website lebih cepat. Berikut keuntungan website AMP :

Loading Website Lebih Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, jika mengoptimasikan website dengan AMP menjamin loading website akan lebih cepat dari sebelum menggunakannya. Belum lagi AMP juga sudah include bisa melacak data pengunjung website selayaknya jumlah pengunjung, tracking dll.

Meningkatnya SEO Rank

SEO Website

Sudah menjadi rahasia umum, jika kita memiliki website yang loadingnya cepat terlebih menggunakan AMP yang mobile friendly. Dipastikan rank SEO website pun meningkat drastis.

Dijamin Page One

Tadi sudah disebutkan diatas ya.. kalo menggunakan AMP itu disukai oleh google dan website yang menggunakannya akan ditampilkan pada pencarian pertama pada tampilan mobile dan hal ini pun akan meningkatkan visitor/traffic pada website yang kita miliki.

Mendukung Ads

Siapa bilang menggunakan AMP itu gak bisa menampilkan iklan yang issuenya kalo kebanyakkan iklan pada suatu website akan membuat loading lebih lambat dan visitor akan berkurang. Berbeda dengan website yang menggunakan AMP juga mendukung Ads atau iklan. Perlu diketahui efek loading website cepat dan tampilan menarik akan banyak advertiser yang menyukai hal itu.

Karena benefit menggunakan AMP (Accelerated Mobile Page) pada website banyak banget yang gak bisa disebutkan dan harus di rasakan sendiri sama empu”nya yang memiliki website hehe.. Jadi apa dari penjelasan diatas tersebut masih ragu menggunakan AMP di website kamu ?

Update Artikel