Apa itu internet marketing yang sering di temukan dunia digital marketing ? sebenarnya intinya cuman satu yaitu memasarkan namun secara online karena sudah terdigitalisasi, yang cara memasarkannya menggunakan dan melalui media online/internet. Mungkin ada beberapa yang belum memahami tentang internet marketing itu ialah hanya berjualan via internet seperti IG, Facebook, WA dan social media lainnya maupun marketplace.

Tetapi jika pahamnya hanya berjualan saja memang semua orang bisa tapi belum tentu semuanya juga bisa laku atau mendapatkan selling dari produk yang dijajakan, karena internet marketing itu sama halnya dengan marketing di dunia nyata (real life). Yang berarti internet marketing selain melakukan penjualan online melalui internet, tapi diharuskan juga untuk berpromosi, iklan, melakukan branding, dan melayani pelanggan atau calon konsumen itu sendiri yang tetap dilakukan online.

Setiap pebisnis pasti menginginkan usaha dan produk2 yang mereka jual itu meningkat lalu lebih dikenal juga oleh para calon konsumen. Nah seperti itulah gunanya internet marketing, media yang bagus untuk memasarkan informas-informasi tentang bisnis dan produk yang dijual kepada pengguna internet yang jangkauannya sangat luas.

Jadi agar kita sekarang lebih gampang mengerti apa sih pengertian dari intenet marketing itu sendiri dan contohnya gimana sih?

Internet marketing bisa dibilang ada dua jenis lho, yang pertama adalah sebagai media promosi atau Traffic dan yang kedua ialah sebagai sumber penghasilan (income). Berikut ini kita akan menjelaskan dari kedua jenis internet marketing tersebut :

Sebagai Media Promosi atau Traffic

Internet selain kegunaannya mempermudah berkomunikasi, mengirim file atau data, dan mencari informasi lainnya. Ternyata internet juga menjadi salah satu tempat yang dimana sangat efektif untuk melakukan branding, membangun website dan mempromosikan bisnis maupun produk kita kepada orang banyak.

Banyak sekali cara untuk promosikan bisnis maupun produk yang dijual di media internet, seperti melalui iklan PPC, Email Marketing, SEO, Mobile Advertising, dan yang paling banyak digandrungi banyak orang ialah Social Media Marketing.

Berikut ini kita bahas penjelasan dari internet marketing sebagai media promosi atau traffic :

1. SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Optimization (SEO) atau optimisasi mesin pencari ialah suatu rantai proses yang dilakukan secara sistematis, terstruktur dan otomatisasi supaya website yang anda miliki itu berada pada posisi teratas atau berada dihalaman pertama pada situs-situs mesin pencari, Seperti Google, Yahoo, Bing, MSN, dll. Tujuan SEO atau panjangnya Search Engine Optimization ialah meningkatkan jumlah trafik dan kualitas trafik dari situs mesin pencari menuju ke alamat website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme organic dari mesin pencari tersebut.

Dan hal ini menjadi media promosi online yang sangat bagus untuk promosi jangka panjang, karena sesuai dengan pencarian dan website yang kita optimasikan sebagai informasi bisnis pun akan muncul pada pencarian search engine.

Perlu di ketahui juga, untuk melakukan SEO ini memang mengharuskan memiliki keahlian khusu, dan proses yang lumayan terlebih juga membutuhkan biaya untuk mengoptimasi. Jadi ini sebab banyak sekali pemilik bisnis yang mempunyai website mengeluarkan budget besar hanya untuk menyewa jasa SEO yang membuat website bisnisnya muncul di halaman pertama dari hasil pencarian search engine.

Nah kalau tadi itu SEO beda dengan SEM ini,  karena SEM (search engine marketing) ialah iklan PPC atau disingkatan dari Pay Per Click yang akan muncul di halaman hasi pencarian search engine, seperti Google.

Dan untuk keyword yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet, pastinya akan melihat iklan dibagian kanan atas maupun bagian atas pencarian atau bawah dari hasil pencarian tersebut. Beberapa pakar internet marketing banyak mengatakan jika Google Ads ialah metode digital marketing yang paling tinggi konversinya dikarenakan halaman website berpeluang besar mendapatkan calon konsumen. Untuk itu tidak lupa juga sebagai pengiklan kita harus harga iklan yang akan ditayangkan sesuai budget yang dimiliki.

4. Email Marketing

Email Marketing ialah suatu proses dimana pemasaran produk dan jasa hanya menggunakan email sebagai alat media promosinya. Hal ini juga bermacam-macam jenisnya seperti, direct mail, retention dan beriklan di email milik orang lain. Promosi bisnis atau produk melalu email seperti ini juga sangat eektif dikarenakan promosi langsung dikirimkan ke pemilik akun email.

Terlebih lagi yang menjadi hal penting dan perlu diingat ialah kita tidak boleh melakukan SPAM. Selain dianggap mengganggu orang lain dan merugikan kita sendiri sebagai internet marketer melalui email, nantinya akan dianggap SPAMMER email kita oleh si pemilik akun emai tersebut yang pada akhirnya membuat calon konsumen kita berkurang.

5. Mobile Advertise

Cara yang satu ini mungkin sekarang sudah banyak ya dan sering kita lihat juga, karena kita juga tahu pengguna smartphone jaman sekarang ini sudah banyak sekali dan seringkali membawa smartphonenya kemanapun akan pergi. Mobile Advertise sangatlah efektif sebagai media promosi produk bahkan bisnis. Dan ada macam model iklan dari Mobile Advertise ini seperti banner ads, games, melalui sms dan lainnya.

6. Social Media Marketing

Social Media selain dapat digunakan dengan gratis merupaka salah satu tempat sebagai media promosi. Seperti social media lainnya pasti ada kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi agar promosi-promosi yang dilakukan tidak melanggar bahkan mengganggu pengguna social media lainnya.

Tapi social media seperti Facebook, Youtube, Instagram dan Twitter yang jumlah penggunanya sangat banyak. Dan ini merupakan hal yang sangat efektif untuk melakukan promosi memasarkan produk dan bisnis kita melalui media tersebut dan menjangkau seluruh penggunanya. Media social yang disebutkan tadi juga mempunyai media iklannya loh dan sudah banyak pula para internet marketer yang menghasilkan traffic dan meningkatkan penjualan mereka hanya dengan beriklan dari social media tersebut.

Contohnya seperti berikut ini ;

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads
  • Dan lain sebagainya

Sebagai Sumber Penghasilan (Income)

Sekarang ini sudah bukan hal yang aneh lagi jika dunia internet atau dunia digital telah membuat semuanya terdigitalisasi, yang tujuannya tak lain untuk memudahkan pekerjaan maupun keperluan yang dibutuhkan. Contohnya saja untuk membeli baju , sepatu atau lainnya cukup dengan melihat online shop, pilih, pesan , bayar dan tunggu barang sampai ke alamat rumah kita.

Internet Marketing bukan hanya menjadi media untuk berpromosi di dunia maya saja tetapi sebagai sumber penghasilan yang bisa di dapatkan dari PPC (Pay Per Click), Menjual produk secara online (mau barang ataupun jasa), PPL (Pay Per Lead) dan masih banyak lainnya. Seperti berikut penjelasannya ;

1. PPC (Pay Per Click)

PPC atau Pay Per Click yang biasa digunakan oleh para blogger maupu pemilik website untuk mendapatkan penghasilan dari traffic atau pengunjung blog/website yang menayangkan iklan PPC tersebut. Publisher adalah sebutan dari para pemilik website atau blog yang mengconversikan traffic websitenya untuk menayangkan iklan dan Advertiser ialah pengiklan yang akan menayangkan iklannya kepada publisher.

Berikut ini adalah salah satu jenis PPC yang sangat digandrungi oleh kebanyakkan publisher di Indonesia, antara lain :

Program PPC ini merupakan:

2. PPS (Pay Per Sale)

Berbeda dengan PPC (Pay Per Click), PPS atau Pay Per Sale ini maksudnya kita akan menerima pembayaran setiap produk yang terjual melalui link referral/affiliasi yang kita miliki. Penghasilan yang akan didapatkan tersebut tergantung dengan hasil produk yang dijuat dan rate persentasi untuk komisinya dari pemilik barang tentukan. Berikut PPS yang banyak orang ikuti, antara lain :

3. PPL (Pay Per Lead)

Hampir mirip dengan PPS tetapi PPL atau Pay Per Lead ini dimana program affiliasinya itu pemilik barang/vendor akan memberikan komisinya setiap kita berhasil memberikan leads kepada mereka. Contohnya seperti, mengarahkan pengguna/user internet untuk mendaftar, mengisi formulir, atau survery melalui link affiliasi kita. Dan maxbounty.com adalah perusahaan yang menawarkan program PPL ini lho.

4. Menjual Produk Sendiri atau Menjadi Reseller

Dijaman semuanya serba digitalisasi ini untuk berjualan melalui internet itu bukan hal sulit. Semuanya bisa kita jual melalui internet baik itu jasa maupun barang, selain itu juga bisnis kita atau produk offline kita bisa juga dipromosikan melalui internet.

Tapi tak hanya itu saja, jika kita tidak memiliki produk untuk dijual , kita juga bisa menjadi reseller dengan menjual produk orang lain. Adapun selain menjadi reseller kita juga bisa menjadi dropshipper produk orang lain.

Kelebihan dari Internet Marketing

Internet marketing mempunyai manfaat dan kelebihan, seperti yang dijelaskan soal internet marketing diatas tadi. Berikut kelebihan dari internet marketing :

  • Internet Marketing bisa dikerjakan selama 24 jam.
  • Jangkauan pasar amat luas karena kita bisa menjangkau berbagai kota, provinsi, malahan negara lain (global) saat memasarkan suatu produk lewat dunia maya.
  • Tarif pemasaran online cenderung lebih hemat daripada pemasaran konvensional.
  • Dengan internet marketing maka dari itu resiko kerugian cenderung lebih kecil daripada pemasaran konvensional.
  • Kita bisa melacak dan menilai data tanggapan konsumen dalam aktivitas pemasaran.
  • Bisa menjual produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
Update Artikel