Instagram sekarang ini sudah menjadi suatu platform bisnis yang banyak sekali diminati oleh para penggunanya. Sudah lebih dari delapan puluh lima persen pengguna Instagram telah mengikuti atau membuat akun bisnis Instagram, yang dimana ada lebih dari 600 juta user Instagram yang sangat berpotensi menjadi konsumennya.

Banyak strategi-strategi yang bisa diterapkan tuk membuat maksimal potensi-potensi di dalam bisnis Instagram. Penjelasannya akan kita bahas satu persatu berikut ini :

Buat Konten yang Berkualitas

Yang paling penting didalam akun bisnis Instagram itu ialah membuat konten yang berkualitas tinggi dan menarik orang agar mengikuti akun bisnis yang dijalankan. Kita bisa melihat-lihat konten dari beberapa akun-akun lain bisa sebagai referensi membuat konten.

Ada jenis-jenis konten yang menarik perhatian para pengguna Instagram. Contohnya kita menjual produk, maka dari itu jenis konten yang paling efisien dan efektif adalah foto-foto produk dan branding atau proses pembuatan produk itu sendiri. Dengan hal-hal itu maka audience atau pengikut (calon konsumen berpotensi), bahwa kita telah berusaha menampilkan produk terbaik yang ditawarkan.  Mereka pun akan merasa tau jika produk yang dijual pun benar-benar original dan terbaik.

Tidak lupa untuk design-design agar produk yang di tampilkan terlihat jelas, factor dari kamera dan pencahayaan itu sangat penting. Hal ini bisa meniru akun-akun bisnis lain sebagai referensi bagaimana cara menampilkan produk agar lebih terlihat menarik, tetapi bukan untuk menyontek sama persis dengan mereka ya.

Interaksi dengan audiens

Bukan rahasia lagi tetapi ini menjadi syarat paling utama agar akun bisnis Instagram kita lebih dikenal dengan pengguna adalah berinteraksi dengan mereka. Berikan waktu luang kita untuk membalas komentar maupun direct message (DM) dan jangan lupa buat caption ajakan untuk berinteraksi dengan audiens.

Terlepas dari hal itu, para pengguna biasanya sangat memanfaatkan kolom komentar maupun DM (Direct Message) untuk bertanya bahkan komplein. Jadi hal itu berfungsi mirip dengan customer service (CS). Dan hal yang paling sangat berdampak besar ialah jika kita membalas komentar-komentar mereka dengan cepat hal itu akan terlihat bahwa kita sangat menghargai audiens tersebut.

Kelebihan kita berinteraksi dengan audiens atau follower di akun bisnis pun sebenarnya banyak sekali, tetapi hal yang sangat berdampak besar adalah promosi dari mereka yang merekomendasikan ke temannya , keluarganya dan siapapun. Hal pasti membuat kita tidak perlu setiap hari untuk beriklan bukan ? hehe

Konsisten dengan Brand

Konsisten ada suatu sikap yang paling penting terlebih lagi itu menyoal tentang Brand. Bukan hanya soal kualitas konten dari Brand itu saja tetapi semua yang menyangkut dengan itu, seperti gaya gambar, gaya tulisan caption, posting konten dan interaksi. Jika semua itu berhasil dilakukan dengan konsisten dan unik dengan brand sendiri, dipastikan perkembangan akun bisnis akan bertumbuh semakin meningkat.

Dengan konsistennya kita seperti yang disebutkan diatas tadi, dampak besarnya ialah calon konsumen atau audience akan datang dengan sendirinya tanpa perlu kita gencar-gencar promosi melalui iklan atau media promote lainnya. Karena promosi mereka dari mulut ke mulut bahkan reposting dengan kemauan sendiri, Jadi terlihat lebih organic tanpa harus mengisi caption ajakan kepada para pengguna atau follower akun bisnis Instagram kita itu sendiri.

Gunakan influencer

Influencer ialah membayar atau menggunakan jasa kepada pemilik akun Instagram yang terkenal (selebgram) atau akun Instagram yang sering melakukan promosi kepada pengikutnya. Hal ini jika dilakukan dan kita pintar memilih influencer-influencer yang terbaik, dipastikan akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dibandingkan dengan metode-metode promosi lainnya.

Syarat-syarat memilih influencer yang tepat adalah memastikan influencer tersebut memiliki pengikut yang relevan dan sesuai dengan produk atau jasa yang kita miliki. Selain itu juga sebelum kita melakukan kerja sama dengan influencer , ada baiknya untuk kita bernegosiasi dengan baik karena influencer terkadang mematok harga disetiap promosi produk yang mereka lakukan kepada para audiensnya. Dan tidak lupa untuk memilih influencer  yang mempunyai follower diatas 1jt atau minimal 500rb pengikut dan like maupun komentar di postingannya sangat tinggi.

Selain influencer juga kita bisa membuat jalur reseller atau dropshipper. hal itu juga akan membuat perkembangan akun bisnis Instagram memiliki jaringan yang saling tertaut dan saling melayani kebutuhan para audiens (calon konsumen).

Pasang iklan (Instagram Ads)

Membuat konten iklan yang efektif dan menarik itu bukan hal mudah, butuh beberapa percobaan lebih dari sekali sampai menemukan cara yang tepat. Oleh karena itu kita mempelajari iklan-iklan orang lain yang biasanya muncul di timeline Instagram kita sendiri, tetapi bukan menyaran untuk menyontek ide mereka ya melainkan mempelajari bagaiman cara iklan mereka itu menarik audience.

Metode split testing ialah cara yang cocok untuk melakukan test iklan mana dan target mana, yang paling menarik dan memberikan dampak paling besar mengklik iklan. Split Testing itu sendiri begitu mudah dipelajari, hanya tinggal membuat 2 atau 3 iklan yang berbeda versi dan target yang berbeda pula tetapi tujuan dan isinya tetap sama.

Dan perlu diperhatikan juga, sebelum kita memasang suatu iklan. Instagram akan memberikan pilihan tujuan membuat iklan, sepertinya brand awareness, traffic, conversions, dan lainnya.

Misalnya, tujuan kita ialah melakukan konversi (berjualan), jadi kita akan membuat iklan yang menunjukkan produk, harga dan tombol CTA (call to action). Tetapi bagaimana jika untuk brand awaraness? Kita hanya perlu membuat konten-konten yang menggambarkan visi dari bisnis jadi tidak perlu menunjukkan produk.

Kesimpulannya adalah kita harus memperhatikan hal yang paling penting jika ingin beriklan di Instagram Ads, yaitu : konten iklan yang kreatif, tujuan (objective) dan sasaran (audiens target). Oh iya, kita juga bisa membuat iklan Instagram Ads melalui akun facebook kita yang sudah terhubung halaman (fanpages) bisnis dengan instragram bisnis. Jadi tidak perlu membuatnya melalui aplikasi Instagram yang terkadang ada saja kesulitannya sedikit.

Membuat Giveaway atau Kompetisi

Sudah banyak akun bisnis Instagram yang melakukan hal ini, entah itu giveaway atau kompetisi seperti diharuskan membuat konten yang tujuannya menawarkan kepada teman-temannya dan lain sebagainya. Tujuan dari hal tersebut ialah tidak lain untuk meningkatkan minat dan interaksi dari pengguna.

Dengan cara ini akan memberikan kita kesempatan untuk memberi imbalan kepada audiens atau follower akun bisnis. Tidak perlu hadiah yang bernilai tinggi cukup dengan giveaway produk misalnya itu pun cukup menarik untuk mereka, jadi yang penting itu sesuai dengan budget yang kita miliki untuk membuat hal itu.

Tidak terlalu sulit sebenarnya membuat konten-konten untuk giveaway atau kompetisi ini, kita hanya mengupload gambar contoh dan hadiahnya kemudian berikan caption menarik serta ajakan. Kemudian tinggal pilih karya yang terbaik untuk diberikan giveaway, cukup mudah bukan?

Tool Instagram Marketing GRATIS 100%

BERAGRAM.COM

Update Artikel